Rabu, 26 Juni 2013

kenali penyebab uangmu habis sebelum akhir bulan

Bagaimana kamu mengenali pengeluaran uangmu? Kebanyakan orang lebih sering membelanjakan uangnya sehabis gajian.  beli ini beli itu pada akhirnya di pertengahan bulan keuangannya menipis, dan pada akhir bulan tekor ngutang sana ngutang sini untuk biaya hidup.
Pengeluaran uang yang tidak terencana mengakibatkan banyak hutang. gaji sebesar apapun pasti akan habis sebelum gajian berikutnya datang. seorang pekerja kantoran kaget ketika melihat uang dalam dompetnya tinggal 300,000 di pertengahan bulan padahal gajinya lebih dari 7,000,000 perbulan akibat pengeluaran yang tidak terkontrol . seorang tukang becak mampu membeli sepeda motor baru meskipun dengan cara mencicil atau mengangsur. Intinya bagaimana cara kita mengelola penghasilan kita dengan baik. jadi mulai sekarang kenali macam macam pengeluaran uang kamu.
Pada dasarnya pengeluaran uang dibagi menjadi 3:
1   pengeluaran wajib.
    Pengeluaran wajib adalah pengeluaran yang apabila tidak di bayarkan akan mendapat sanksi atau denda contoh tagihan listrik, cicilan mobil atau motor,biaya sekolah anak ,kredit rumah dll.
2   pengeluaran kebutuhan.
    Pengeluaran kebutuhan adalah pengeluaran yang apabila tidak dibayarkan atau dikeluarkan tidak terkena denda atau sanksi. tapi bila tidak dipenuhi akan mengganggu kehidupan kamu  contoh : belanja kebutuhan pokok untuk makan, kebutuhan sehari hari.
3   pengeluaran keinginan.
    Pengeluaran keinginan adalah pengeluaran yang apabila tidak dibelikan atau dikeluarkan tidak apa-apa karena masih ada barang lama yang masih layak digunakan. Contoh baju baru, tas baru, sepatu baru dll.
Kebanyakan orang lebih banyak mengeluarkan uang untuk keinginan dari pada kebutuhan, inilah penyebab keuangan kamu tekor. Keinginan yang tidak terkontrol akan menguras uang kamu terus menerus. Ciri ciri keinginan itu datang secara tiba tiba. Ketika kita masuk ke mall awalnya kita ingin belanja kebutuhan kita tetapi sesampai di dalam mall banyak keinginan tiba tiba yang awalnya tidak terfikirkan. dana yang akan dibelanjakan sekian akhirnya membengkak menjadi sekian karena keinginan yang tiba tiba. Contoh ada barang discount beli, ada barang murah beli, ada barang menarik beli dll. Padahal barang barang tersebut sudah ada dirumah. Jadi control keinginan kamu sesuai kebutuhan agar tidak terjadi kehabisan uang pada akhir bulan.

0 komentar:

Posting Komentar